Energi Baru Tambah Cadangan Gas

Energi Baru Tambah Cadangan Gas
Energi Baru Tambah Cadangan Gas
JAKARTA--PT Pertamina (Persero) beropotensi menambah cadangan gasnya hingga 100 Triliun Cubic Feet (TCF) yang berasal dari energi baru, yakni Shale gas yang memiliki potensi empat kali lebih besar dari gas conventional.

"Dengan potensi raksasa seperti ini, saya mendukung operasionalnya agar lebih dipercepat. Karena kita tahu bahwa shale gas ini merupakan gas baru bagi Pertamina.," ujar Direktur Hulu Pertamina Muhamad Husen melalui siaran persnya, Selasa (18/10).

Disebutkannya di negara Amerika dan Kanada, shale gas sudah menjadi produksi andalan mereka. "Di Amerika saja, sebesar 20 persen Coal Bed Methane (CBM) dan shale gas berkontribusi kepada gas nasionalnya," terang Husen.

Husen mengaku bahwa untuk memproduksi shale gas ini  membutuhkan waktu yang tidak sedikit.  Diperkirakan sekitar 10 tahun kedepan, Pertamina baru bisa merasakan hasil produksi dari shale gas tersebut. " Memproduksi shale gas ini tidak mudah dan akan memerlukan waktu lama, ditambah lagi ini adalah project pertama bagi Pertamina untuk mencari lokasi mana saja yang terdapat kandungan shale gas," terangnya.

JAKARTA--PT Pertamina (Persero) beropotensi menambah cadangan gasnya hingga 100 Triliun Cubic Feet (TCF) yang berasal dari energi baru, yakni Shale

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News