Erick Thohir: BUMN Siap Perkuat Industrialisasi Pangan

Erick Thohir: BUMN Siap Perkuat Industrialisasi Pangan
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap mengoptimalisasi industri dan kerja sama di sektor pangan demi kedaulatan pangan Indonesia.

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, kementerian juga sudah mulai secara aktif mengajak kerja sama demi mengamankan pasokan bahan–bahan pangan utama.

Salah satu contohnya membuat kerja sama yang berkaitan dengan program–program mengurangi stunting di Indonesia, antara lain investasi di industri sapi, baik industri pengolahan daging maupun produksi susu.

Khusus pengembangan industri susu menjadi salah satu yang krusial, mengingat 80 persen dari total konsumsi susu nasional bersumber dari impor. Langkah konkret yang dilakukan Erick antara lain melakukan pembicaraan dengan perusahaan susu Belanda, Frisian Flag.

“Ini yang harus kami intervensi. Salah satunya bagaimana kami kerja sama untuk melihat cattle, bisnis industri sapi, baik daging maupun susu,” ujar Erick seusai menghadiri Mandiri Investment Forum (MIF) di Jakarta, Rabu (1/2).

Dia mengatakan saat melawat ke Belanda, Frisian Flag ingin investasi 8.000–12.000 sapi. Menurutnya, hal tersebut harus didorong agar kedaulatan pangan bisa tercapai.

“Jadi kedaulatan pangan pun harus dipikirkan," tutur Erick.

Dia mengatakan salah satu tugas BUMN saat ini adalah mewujudkan hal tersebut agar industri pangan nasional makin kuat.

BUMN terus bergerak mencari kemitraan dengan produsen luar negeri seperti perusahaan pangan asal Qatar, Baladna Farm dan Frisian Flag dari Belanda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News