Erick Thohir Dinilai Sebagai Tokoh Muda Potensial dan Berpengaruh

Erick Thohir Dinilai Sebagai Tokoh Muda Potensial dan Berpengaruh
Para pembicara saat merilis hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bertajuk 'Tokoh Paling Berpengaruh Selama Semester 1 Tahun 2022 Pemerintahan Joko Widodo Menurut Pandangan Kelas Menengah' di Jakarta, Sabtu (17/9/2022). Mereka adalah Peneliti LPI Febri Wahyuni, Direktur Indonesian Club Gigih Guntoro, Direktur IPI Karyono Wibowo, dan Direktur Well-Being Institute, Jadi Suryadi. Foto: Dok. LPI

jpnn.com, JAKARTA - Nama Menteri BUMN Erick Tohir masuk dalam kategori terbaik menurut pandangan kelas menengah intelektual terkait kinerja transformasi BUMN, seperti reformasi garuda, merger sejumlah BUMN yang kurang prifotable, dan terobosan lainnya.

Erick Thohir pun dinilai sebagai tokoh muda potensial yang berpengaruh jalannya pemerintahan Joko Widodo.

Hal ini terungkap dalam hasil survei terbaru dari Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI) dan Indonesian Club (IC) yang dilakukan sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual terdiri dari para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO dan aktivis/seniman di 34 provinsi.

Survei ini bermaksud mengukur pandangan kelas menengah intelektual terhadap kinerja 45 pimpinan lembaga negara dan para menteri  dalam Kabinet Indonesia Maju selama semester I Tahun 2022.

Lima hal yang diukur dalam survei ini adalah popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi dan kontribusi pemikiran.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah purpose sampling di mana subjek yang dituju sebagai sampel memiliki kriteria khusus seperti profesi dan bidang keilmuan dengan jumlah sampel sebayak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Erick Tohir termasuk salah satu dari 10 tokoh paling berpengaruh dalam pemerintahan Jokowi. Pak Erick berada di peringkat kelima dari 45 pimpinan lembaga dan para menteri dengan skor 2,38 dengan skala penilaian 0 sampai 4,” ujar Peneliti LPI Febri Wahyuni Sabran dalam acara rilis hasil survei bertajuk 'Tokoh Paling Berpengaruh Selama Semester 1 Tahun 2022 Pemerintahan Joko Widodo menurut Pandangan Kelas Menengah' di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Febri mengatakan Erick kuat pada indikator memengaruhi internal untuk mempengaruhi kinerja dan perbaikan di kementerian BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai tokoh muda potensial yang berpengaruh jalannya pemerintahan Joko Widodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News