Erick Thohir Semangati UMKM Binaan Pertamina di Tong Tong Fair Belanda: Lanjutkan Proses Go Global

Erick Thohir Semangati UMKM Binaan Pertamina di Tong Tong Fair Belanda: Lanjutkan Proses Go Global
Menteri BUMN Erick Thohir saat menemui Rahayu Dwiastuti, perwakilan UMKM binaan Pertamina di Tong Tong Fair 2022 Belanda. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, AMSTERDAM - Kementerian BUMN mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk go global dan menembus pasar internasional.

Salah satu caranya berkolaborasi bersama Pertamina dan beberapa BUMN untuk menghadirkan produk unggulan UMKM di Tong Tong Fair 2022 Belanda.

Pertamina sendiri membawa 175 jenis produk UMKM binaannya yang berasal dari Rumah BUMN Pertamina.

"Silakan lanjutkan untuk proses go global, jangan berhenti pada kegiatan promosi di pameran ini," pesan Menteri BUMN Erick Thohir saat menemui Rahayu Dwiastuti, UMKM binaan Pertamina di Tong Tong Fair.

Erick menegaskan setelah berakhirnya Tong Tong Fair harus ada tindak lanjut konkret dalam bentuk kerja sama antara UMKM dengan buyer atau pengusaha di Belanda maupun skala global lainnya.

Hal ini disambut dengan semangat oleh Pertamina dan Rahayu sebagai perwakilan dari UMKM binaan Pertamina.

Rahayu Dwiastuti, pemilik UMKM Joglo Ayu Tenan dari Yogyakarta ini secara khusus diboyong Pertamina ke Tong Tong Fair.

Rahayu yang merupakan survivor autoimun guillane barre syndrome sangat berterima kasih atas kesempatan tersebut dan berkomitmen terus mengembangkan bisnisnya untuk go global.

Saat ini, Joglo Ayu Tenan memberdayakan komunitas difabel dan sekitar 80 ibu-ibu dan remaja di 8 desa binaan di sekitar Yogyakarta.

"Alhamdulillah, saya bersyukur sekali atas kepercayaan Pertamina mengikutsertakan saya ke pameran di Belanda ini," kata Rahayu.

Rahayu menyampaikan menjadi UMKM mitra binaan Pertamina sejak 2018 sangat bermanfaat.

"Selain bantuan pendanaan, saya juga mendapat banyak program pembinaan yang dapat meningkatkan kemampuan untuk UMKM naik kelas," sebut Rahayu.

Dilandasi cintanya terhadap seni kerajinan, Ketua Asosiasi Perajin Yogyakarta ini mendirikan Joglo Ayu Tenan pada 2015 sebagai wadah artisan kerajinan untuk berkumpul dan membagi ilmu.

Menteri BUMN Erick Thohir menyemangati UMKM binaan Pertamina yang hadir di Tong Tong Fair 2022 Belanda agar menembus pasar internasional atau go global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News