Eriko DPR Menilai Ekonomi Bali Makin Menggeliat, Mantap!

Eriko DPR Menilai Ekonomi Bali Makin Menggeliat, Mantap!
Anggota Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga membahas soal ekonomi Bali setelah pandemi Covid-19. Foto: DPP PDIP

jpnn.com, NUSA DUA - Anggota Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga menyatakan pertumbuhan ekonomi Bali pada 2021 makin menggeliat. 

Pada kuartal I 2022, pertumbuhan ekonomi Bali sudah makin pulih dan bertumbuh baik. Pada Juli, kedatangan wisatawan mancanegara mencapai 60 persen dari peak season. Sementara itu, kunjungan wisatawan Nusantara hampir 100 persen. 

Menurut Eriko, hal ini menjadi luar biasa mengingat Bali akan menjadi lokasi KTT G20. Pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan I 2022 mencapai 1,46 persen (year of year). Angkanya lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja triwulan sebelumnya, 0,51 persen (yoy).

“Pada 2020, ekonomi Bali minus yang cukup dalam dan (pertumbuhan ekonomi) Indonesia terbawah, minusnya paling besar. Kami bergotong royong mengembalikan ekonomi Bali kepada ekonomi yang sesungguhnya,” kata Eriko.

Hal itu dikatakannya seusai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI dengan jajaran Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, BI, OJK, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Himbara, Jamkrindo, Askrindo, serta perwakilan Pemkab Gianyar di Nusa Dua, Bali, Senin (25/7).

Politisi PDIP itu berharap Bali tidak hanya berfokus pada sektor pariwisata. Namun, Bali harus tumbuh kepada jati dirinya, yakni bertransformasi untuk kembali ke sektor pertanian dan seni yang berkualitas.

Menurut Eriko, Komisi XI DPR RI menanamkan hal itu kepada seluruh stakeholder di Bali. Dia menilai pandemi ini memberikan nuansa positif untuk Bali bisa menjadi lebih baik dan tidak bergantung pada sektor pariwisata.

“Kami berharap pariwisata Bali lebih berkualitas. Banyak sektor pariwisata yang menyangkut medis dengan adanya kawasan ekonomi khusus (KEK) di Sanur untuk nanti (mendukung) pertumbuhan (ekonomi), katakan wisatawan medis yang baik bagi Indonesia, khususnya di Bali,” ucap legislator daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II itu.

Anggota Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga menilai ekonomi Bali makin menggeliat setelah dirundung Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News