Erupsi Gunung Sinabung Hari Ini, Abu Vulkanik sampai Provinsi Aceh

Erupsi Gunung Sinabung Hari Ini, Abu Vulkanik sampai Provinsi Aceh
Abu vulkanik Gunung Sinabung Erupsi sampai Provinsi Aceh. Foto : istimewa

jpnn.com, BANDA ACEH - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Selasa, sekitar pukul 07.15 WIB, mengalami erupsi.

Hal ini ditandai keluarnya awan panas guguran dari puncaknya dengan jarak luncur 4.500 meter ke arah tenggara-timur.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad menyatakan, sebaran abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung sampai ke sejumlah wilayah di Provinsi Aceh.

"Bila dilihat dari foto satelit diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang atau terbawa ke Provinsi Aceh," kata dia di Banda Aceh, Selasa.

Menurut dia, terjadi erupsi Gunung Sinabung lanjutan sekitar 09.49 WIB.

Informasi dari Koordinator Stasiun Meteorologi Kelas I Kualanamu, bahwa tinggi kolom abu vulkanik mencapai 1.000 meter, dengan arah gerak ke Barat hingga Selatan.

"Abu vulakni sudah mulai terdampak ke wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, dan sudah meluas ke wilayah Kabupaten Aceh Selatan," jelas Zakaria.

Oleh sebab itu, BMKG Kelas I Aceh Besar mengimbau masyarakat di wilayah Aceh Tenggara dan Aceh Selatan yang mulai terpapar debu asap vulkanik agar mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Jika harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan dan air untuk konsumsi," kata Zakaria.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut alami erupsi Selasa pagi (2/3), meluncurkan awan panas. Bahkan lava vulkanik sampai ke Provinsi Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News