Esemka Tunggu Hasil Uji Tipe

Esemka Tunggu Hasil Uji Tipe
Foto: Radar Solo/JPNN
JAKARTA - Kepala Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan mengungkapkan, Ditjen Perhubungan Darat menerima pengajuan uji tipe untuk mobil Esemka pada 2010. Yang mengajukan adalah PT Solo Mandiri Kreasi.

"Mereka ingin memperoleh Sertifikat Uji Tipe (SUT)," ujarnya. Untuk memperoleh SUT, ada dua pengujian. Yakni, uji laik jalan dan uji emisi.

Uji laik jalan bertujuan mengukur kelayakan mobil dalam hal keamanan dan kenyamanan untuk dipergunakan sehari-hari. Sedangkan uji emisi untuk mengukur kadar gas buangnya. "Ternyata ada yang mesti diperbaiki, yaitu masalah lampu. Itu tentang intensitas cahaya yang dihasilkan," katanya.

     

Untuk uji emisi, gas buang mobil Esemka masih di atas ambang batas. Berdasar aturan, mobil keluaran baru harus berstandar Euro 2. Hal itu berarti kadar CO (carbonoksida) dalam gas buang tidak boleh lebih dari 4,0. Masih jauh dibanding aturan di Eropa yang standarnya sudah Euro 5 yaitu kadar CO sebesar 1,5.

     

JAKARTA - Kepala Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan mengungkapkan, Ditjen Perhubungan Darat menerima pengajuan uji tipe untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News