Satu Unit Butuh 2-3 Bulan

Satu Unit Butuh 2-3 Bulan
Satu Unit Butuh 2-3 Bulan
SOLO - Perakitan satu unit mobil esemka dibutuhkan waktu dua hingga tiga bulan. Komponen engine atau mesin menjadi produk yang mendominasi hasil rangkaian siswa.

"Untuk jadi mobil, butuh waktu dua sampai tiga bulan. Yang lama itu merangkai body," ungkap Koordinator Perakitan Mobil SMK 2 Solo Bambang Suprayitno di Solo Techno Park (STP), kemarin (5/1).

Menurut Bambang, perakitan terbanyak yang dilakukan siswa atas mobil esemka ada di mesin. Mesin mobil berlabel esemka 1.5i Twin Cam 16 Wave itu dirangkai dari komponen-komponen terurai. Hanya beberapa yang impor, seperti cincin torak atau ring seker untuk mesin, katup atau klep mesin, dan unit injeksi. "Untuk yang ini saya kira pabrikan besar juga belum bisa buat sendiri. Mereka juga masih harus impor," jelasnya.

Dikatakannya, mesin yang dihasilkan masih berkapasitas 1.500 cc atau kecepatan menengah. Ke depan, Bambang menyatakan akan mengembangkan ke kapasitas 2.000 cc. Ini dilakukan juga untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. "Kebutuhan bensinnya bisa satu liter per 12 kilometer," imbuh Bambang.

SOLO - Perakitan satu unit mobil esemka dibutuhkan waktu dua hingga tiga bulan. Komponen engine atau mesin menjadi produk yang mendominasi hasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News