Esports Resmi Jadi Cabor Eksibisi PON Papua, KONI Berharap Bisa Melahirkan Banyak Atlet Berprestasi

Esports Resmi Jadi Cabor Eksibisi PON Papua, KONI Berharap Bisa Melahirkan Banyak Atlet Berprestasi
Sekjen KONI Ade Lukman (kanan) beserta Sekjen PBESI Frengky Ong (kiri) saat konferensi pers di di kantor Pengurus Besar Esport Indonesia di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (18/8) WIB

jpnn.com, JAKARTA - Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 dipastikan akan berbeda dari gelaran PON sebelumnya. Itu karena dalam PON Papua ini, olahraga Esports untuk kali pertama dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional (KONI) menyatakan bahwa Esports resmi menjadi cabang olahraga prestasi dengan bergabungnya Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Dalam konferensi pers di kantor Pengurus Besar Esport Indonesia di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (18/8) WIB, Sekjen KONI Ade Lukman berharap dengan dijadikannya Esports sebagai cabang olahraga eksibisi di PON, Esports nantinya mampu melahirkan banyak atlet berprestasi untuk Indonesia.

"Sudah kita ketahui bersama, Esports sangat berkembang di nasional maupun dunia. Bahkan telah dipertandingkan di Sea games dan Asian Games,"

"Kami merasa penting untuk bisa memajukan Esports sebagai olahraga yang lebih tinggi lagi untuk bisa membawa Indonesia ke kancah dunia," ungkap Ade Lukman.

Meski belum diperhitungkan perolehan medalinya di ajang PON Papua 2021, Ade berharap persaingan tetap tinggi karena kompetisi seperti PON hanya muncul empat tahun sekali.

"PON merupakan multi event paling bergengsi di Indonesia. Ini akan jadi kali pertama Esports akan dipertandingkan di PON Papua. Kami berharap ini bisa mendorong potensi yang ada di seluruh Nusantara,"

"Mereka bisa bersaing dan bertanding untuk mempersiapkan diri ke level yang lebih tinggi lagi," tambah Ade.

Sekjen KONI Ade Lukman berharap dengan dijadikannya Esports sebagai cabang olahraga eksibisi di PON, Esports Indonesia banyak melahirkan atlet berprestasi untuk Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News