Evita Peron Nampang di Peso

Evita Peron Nampang di Peso
Evita Peron Nampang di Peso
BUENOS AIRES - Mantan ibu negara Argentina Evita Peron sudah dikenang melalui lagu dan film. Kali terakhir, kisahnya dipentaskan di Broadway. Kini pemerintah setempat bakal memampang wajahnya di uang kertas pecahan 100 peso.

Presiden Argentina Cristina Fernandez mengumumkan akan diterbitkannya uang tersebut Rabu malam (25/7) waktu setempat. Evita menjadi perempuan pertama yang wajahnya muncul di pecahan uang kertas di Argentina.

Fernandez, yang partainya terinspirasi perjuangan suami Evita, Juan Peron, menyatakan bahwa pencetakan pertama uang kertas tersebut akan dirayakan. Dia juga menambahkan, semua pecahan 100 peso akan bergambar perempuan yang mangkat pada 1952 itu. Gambar Evita menggantikan gambar Julio Argentino Roca, presiden Argentina di abad 19.

"Setelah 200 tahun, inilah untuk kali pertama sosok perempuan dicetak dalam uang kertas. Jika kalian menghormati persamaan gender, sosok siapa lagi yang lebih baik daripada Eva (panggilan akrab Evita Peron)?" ujar Fernandez.

BUENOS AIRES - Mantan ibu negara Argentina Evita Peron sudah dikenang melalui lagu dan film. Kali terakhir, kisahnya dipentaskan di Broadway. Kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News