Exco PSSI Bakal Gelar Pertemuan Darurat

Exco PSSI Bakal Gelar Pertemuan Darurat
Gusti Randa (kanan). Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Executive Committee (Exco) PSSI bakal menggelar pertemuan darurat (emergency meeting) pada awal 2019.

Setidaknya ada dua agenda penting yang akan dibahas yakni persiapan kongres tahunan PSSI 20 Januari mendatang di Bali, dan dugaan keterlibatan anggota Exco PSSI Johar Lin Eng dalam kasus pengaturan skor.

Selain Johar, ada dua nama lain yang disebut dalam dugaan pusaran pengaturan skor. Keduanya adalah Papat Yunisal dan Hidayat, anggota Exco PSSI yang sudah mundur.

Status mereka akan diputuskan. ”Agenda ini memang mendesak. Nanti dibicarakan dan diputuskan. PSSI harus punya sikap soal ini,” ujar Gusti Randa, salah seorang anggota Exco PSSI yang ditunjuk sebagai juru bicara dalam kasus kali ini.

Dalam hal ini, federasi memang dituntut bersikap cepat. Apalagi, tim Satgas Antimafia Bola terus bergerak dan sejauh ini sudah menetapkan empat tersangka terkait dugaan pengaturan skor di kancah sepak bola tanah air.

PSSI tetap memberikan bantuan hukum kepada Johar Lin Eng yang tengah menjalani proses hukum di Polda Metro Jaya. ”Layaknya sebuah organisasi, kami tetap memberikan bantuan hukum kepada (anggota, Red) exco yang tersandung masalah,” ucap Gusti.

Terpisah, Emerson Yuntho, koordinator Komunitas Sepak Bola Indonesia, melihat bahwa keterlibatan salah seorang anggota Exco PSSI yang sudah ditetapkan sebagai tersangka harus disikapi dengan bijak. ”Mungkin ada opsi menonaktifkan yang bersangkutan. Tetapi, kenapa nggak diberhentikan aja sekalian?” tuturnya.

Sebab, lajut Emerson, itu juga bisa menunjukkan bahwa PSSI cukup serius untuk berada dalam satu perahu dalam melawan mafia sepak bola Indonesia. ”Ini kondisi yang luar biasa bagi PSSI. Jadi gak bisa ditunggu lebih lama lagi. Mereka harus putuskan lebih cepat,” tegas salah seorang peneliti di Indonesia Corruption Watch (ICW) tersebut. (nap/edi/c9/ali)


Ada dua agenda penting yang akan dibahas dalam pertemuan darurat Exco PSSI, salah satunya soal Johar Lin Eng


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News