Expo Kewirausahaan Mahasiswa Ajang Gaet Industri

Expo Kewirausahaan Mahasiswa Ajang Gaet Industri
Hari Purwanto, staf ahli Menristekdikti bidang infrastruktur (tengah) saat membuka Expo KMI ke-8 di Pontianak, Kalbar, Kamis (23/11). Foto: Mesya Muhammad/JPNN.com

jpnn.com, PONTIANAK - Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) ke-8 di Pontianak jadi ajang menggaet industri. Pasalnya, dalam expo KMI ini berkumpul juga para pelaku industri.

"Ini even yang sangat strategis bagi mahasiswa dan perguruan tinggi. Dari sini bisa memunculkan inovasi-inovasi baru dalam dunia usaha," kata Hari Purwanto, staf ahli Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) bidang infrastruktur saat membuka Expo KMI ke-8 di Pontianak, Kalbar, Kamis (23/11).

Dia menyebutkan, Presiden Jokowi mengamanatkan untuk mencetak 58 juta usaha kecil menengah (UKM) dan wirausaha. Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia baru 3,1 persen.

Angka tersebut lebih rendah dibanding Tiongkok 10 persen, Singapura 7 persen, Jepang 11 persen, dan Amerika 12 persen.

"Target presiden ini bisa dicapaii kalau kewirausahaan di perguruan tinggi digenjot. Mahasiswa jangan berpikir lulus kuliah cari kerja. Namun, harus punya misi lulus kuliah ciptakan lahan usaha sendiri," bebernya.

Expo KMI ke-8 ini diikuti 97 perguruan tinggi se-Indonesia dengan jumlah peserta 296 mahasiswa. (esy/jpnn)


Expo KMI ke-8 ini diikuti 97 perguruan tinggi se-Indonesia dengan jumlah peserta 296 mahasiswa.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News