Extramarks jadi Solusi Belajar Online & Interaktif Zaman Now

Extramarks jadi Solusi Belajar Online & Interaktif Zaman Now
Belajar di era digital. Foto ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Metode pembelajaran tradisional menjadi salah satu yang paling popular di sekolah-sekolah era dulu. Paling tidak, itulah yang dialami oleh mereka yang lahir dan besar di era 80 dan 90-an. Sampai teknologi yang lebih maju hadir dan terus berkembang hingga saat ini.

Tak lagi sekedar mendengarkan, siswa kini juga diajak untuk belajar online dan interaktif, kapanpun dan dimanapun.

Nah, salah satu strategi yang biasa digunakan oleh para guru adalah dengan menggunakan metode belajar interaktif.

Metode yang digunakan bermacam-macam. Mulai dari memadukan antara materi pelajaran dengan permainan, praktek atau bahkan dengan permainan yang sudah disesuaikan. Intinya, para pendidik mencoba mengajak siswa untuk tidak hanya sekedar duduk diam, tapi juga aktif.

Komunikasi pun dilangsungkan dalam bentuk komunikasi dua arah. Dengan begitu, siswa akan lebih berkembang dan dipacu untuk berpikir, tidak hanya diam dan mendengar.

Banyak cara bisa ditempuh untuk menerapkan metode pembelajaran interaktif ini. Mulai dari menggunakan batang kayu, hingga perangkat digital seperti komputer, laptop ataupun smartphone.

“Di era sekarang ini, perangkat digital jadi tools yang ideal untuk membangun interaksi dalam proses belajar siswa. Mulai dari interaksi antara siswa dengan materi pelajaran, siswa dengan guru, siswa dengan sekolah, hingga interaksi siswa dalam memilih metode penyampaian materi yang dianggapnya paling mudah untuk dipahami,” ujar Country Manager Extramarks Indonesia Fernando Uffie.

Efektivitas pembelajaran interaktif secara online juga memberikan dampak yang positif karena didalamnya juga mengandung metode belajar Visual, Auditory dan Kinesthetic. Bukan sekedar teks, yang adakalanya sering membuat bosan, khususnya bagi generasi Z yang punya kebiasaan melihat layar.

Tak lagi sekedar mendengarkan, siswa kini juga diajak untuk belajar online dan interaktif, kapanpun dan dimanapun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News