F1 Siap Gunakan Ban 18 Inchi Musim 2016

F1 Siap Gunakan Ban 18 Inchi Musim 2016
F1 Siap Gunakan Ban 18 Inchi Musim 2016

jpnn.com - MILAN - Balapan Formula 1 kembali bakal menerapkan perubahan besar. Setelah mengganti mesin dengan V6 Turbo, adu cepat jet darat itu juga bakal mengubah jenis ban yang dipakai dalam balapan resmi.

Pirelli selaku supplier ban mengaku siap menyediakan ban dengan ukuran 18 inchi. Selama ini, balapan F1 selalu menggunakan ban dengan size 13r inchi. Namun, pergantian itu baru akan dilakukan musim 2016 nanti.

Pihak Pirelli juga sudah melakukan uji coba ban itu di seri Silverstone lalu. Uji coba itu merupakan salah satu pembuktian suara miring mengenai kesiapa Pirelli. Sebelumnya, pabrikan asal Italia itu disebut baru siap menyediakan ban ukuran 18 inchi mulai musim 2017.

"FIA mengatakan tentang musim 2017. Namun, saya pikir keputusannya bisa diambil tahun ini. Kami akan menggunakan ban 18 dan 19 inchi dengan mobil GP2. Namun, itu masih membutuhkan banyak penelitian," terang Direktur Olahraga Pirelli, Paul Hembery di laman Auto 123, Rabu (16/7).

Namun, penggunaan ban ukuran 18 inchi juga bakal menghadirkan tantangan berat. Sebab, ban ukuran 13 inchi selama ini lebih mudah dikendalikan.

“Ini adalah tentang durasi waktu. Jika tim-tim menginginkan, kami akan melengkapinya pada 2016,” tegas Hembery. (jos/jpnn)


MILAN - Balapan Formula 1 kembali bakal menerapkan perubahan besar. Setelah mengganti mesin dengan V6 Turbo, adu cepat jet darat itu juga bakal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News