F16 Terbakar, TNI AU Akan Ganti Pesawat untuk Pengamanan KAA

F16 Terbakar, TNI AU Akan Ganti Pesawat untuk Pengamanan KAA
KSAU Agus Supriyatna. FOTO: natalia/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna membenarkan bahwa pesawat F16 yang terbakar di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pagi tadi untuk pengamanan selama Konferensi Asia Afrika (KAA) pekan depan. Menurutnya itu adalah pesawat hibah dari Amerika Serikat.

"Betul sekali itu untuk KAA nanti. Jadi kami segera evaluasi," tutur Agus dalam jumpa pers di kantornya, Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4).

Agus menyatakan untuk memenuhi kebutuhan pesawat selama penanganan maka pihaknya akan mengganti dengan pesawat lain.

Tadinya F-16 disiagakan di ring 1 untuk pengamanan peringatan 60 tahun KAA. Termasuk ring 1 adalah Bandara Halim Perdanakusuma. 

Selain F-16 juga disiapkan Sukhoi di beberapa daerah. Di ring luar, seperti di Madiun, Yogya, dan Solo. Ada juga helikopter Super Puma, pesawat Colibri, dan Boeing untuk mengangkut kepala negara dari Jakarta ke Bandung.

"Ada rencana juga mengganti F-5 Tiger dengan Sukhoi 35 atau F-16 Piton. Mudah-mudahan Indonesia bisa beli pesawat yang baru," tandasnya. (flo/jpnn)


JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna membenarkan bahwa pesawat F16 yang terbakar di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News