Minggu, 18 Agustus 2019 – 15:53 WIB

Facebook Bikin Peta Populasi Pakai AI

Kamis, 20 Juni 2019 – 22:23 WIB
Facebook Bikin Peta Populasi Pakai AI - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Facebook bekerja sama dengan pusat penelitian dan organisasi non-profit untuk memanfaatkan big data dan artificial intelligence (AI) guna mengatasi tantangan sosial, kesehatan, dan infrastruktur di Asia.

Melalui kombinasi teknologi pemrosesan komputer, keterampilan olah data mumpuni dan keahlian dalam AI untuk menciptakan peta populasi lokal secara detail dan akurat di dunia.

BACA JUGA: Facebook Kenalkan Mata Uang Digital Bernama Libra

Facebook pun bekerja sama dengan Center for International Earth Science Information Network dari Columbia University untuk memastikan penelitian itu menggunakan data administratif terbaru dari seluruh negara yang terlibat.

“Peta kepadatan populasi Facebook dapat meningkatkan kinerja lembaga non-profit, termasuk kinerja peneliti mereka dan bagaimana kebijakan dikembangkan," kata juru bicara Facebook Indonesia, John Wagner, dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6).

Dia menambahkan, membangun produk berupa data dari sumber data non-personal seperti gambar satelit maupun data sensus, memungkinkan Facebook untuk memanfaatkan kemampuan komputasi dan olah datanya untuk seluruh dunia serta menjaga privasi mereka.

Sebelum proyek pemetaan Facebook dimulai, dibutuhkan waktu yang panjang bagi para relawan untuk menyisir jutaan gambar untuk mengidentifikasi kota atau desa kecil. Tim Facebook menggunakan AI untuk mengatasi masalah tersebut, dan secara efisien melakukan pendataan secara detail.

“Sejak saya memulai karir bidang kemanusiaan di Peace Corps hingga beberapa minggu lalu saya berbicara dengan para ahli di World Health Assembly 2019 di Jenewa, kebutuhan yang utama saat ini adalah data populasi yang akurat,” kata Manajer Penelitian di Facebook, Alex Pompe.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar