JPNN.com

Fadel Muhammad Bicara Sosok Nani Wartabone, Pahlawan Gorontalo yang Cinta NKRI

Rabu, 03 Maret 2021 – 20:42 WIB
Fadel Muhammad Bicara Sosok Nani Wartabone, Pahlawan Gorontalo yang Cinta NKRI - JPNN.com
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat sosialisasi Empat Pilar MPR di Gorontalo, Selasa (2/3). Foto Humas MPR RI

jpnn.com, GORONTALO - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad membicarakan peran seorang pahlawan nasional asal Gorontalo bernama Nani Wartabone yang sangat cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Fadel, sosok Nani sebagai pahlawan memang asing untuk rakyat Indonesia di luar Gorontalo, tetapi bagi masyarakat 'Serambi Madinah' Nani Wartabone sangat dikagumi dan dicintai.

Hal tersebut dikatakan Fadel Muhammad saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR dengan Kepala Desa Dulohupa dan LSM Bumi Hijau Gorontalo, di aula Sanggar Seni Dulohupa, Desa Dulohupa, Gorontalo, Selasa (2/3).

Hadir dalam acara, anggota MPR Rahmijati Jahja, Plt Kades Sukarno Karim, Ketua LSM Bumi Hijau Andi Abdul Hakim dan masyarakat sekitar sebagai peserta.

"Semangat NKRI dari pahlawan ini mengajarkan kepada kita semua bahwa kesatuan bangsa itu di atas kepentingan pribadi atau golongan," ucap Fadel Muhammad.

Mantan gubernur Gorontalo dua periode itu menuturkan bahwa Nani adalah figur pahlawan yang dengan gagah berani memimpin masyarakat Gorontalo bertempur dan berhasil memorakporandakan pasukan penjajah Belanda pada tanggal 23 Januari 1942.

Saat itu juga, Nani atas nama rakyat langsung memproklamasikan kemerdekaan Gorontalo. Hari itu dikenang sebagai hari Patriotik.

Yang sangat luar biasa dari sang pahlawan, lanjut Fadel, begitu mendengar Bung Karno membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, tanpa ragu sedikit pun Nani dan pasukan serta rakyat langsung menyatakan bergabung dengan Indonesia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...