Fadli Zon: Pencabutan Subsidi Listrik Kontraproduktif Bagi Perekonomian

Fadli Zon: Pencabutan Subsidi Listrik Kontraproduktif Bagi Perekonomian
Fadli Zon. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pencabutan subsidi listrik bagi 18,7 juta rumah tangga pelanggan R-1 atau 900 VA, membuat hidup masyarakat yang sudah susah semakin menderita.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Menurutnya, pemerintah tak peka terhadap kondisi rakyat.

Apalagi kenaikan tarif listrik ini dilakukan tanpa proses sosialisasi, tanpa persetujuan atau konsultasi dengan DPR.

Semua dilaksanakan secara sepihak oleh pemerintah.

“Pemerintah tak peka terhadap kondisi masyarakat dan terkesan tidak memikirkan dampak ekonomi yang bisa ditimbulkan oleh kebijakan tersebut. Di tengah lesunya perekonomian, kebijakan pencabutan subsidi itu justru akan makin memperlemah pertumbuhan ekonomi,” ujar Fadli.

Dia mengatakan, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia saat ini 54-56 persen disumbang oleh konsumsi domestik, kemudian disusul oleh investasi yang porsinya sekitar 32 persen.

Baru oleh belanja negara sebesar 9 hingga 10 persen. Sisa lainnya disumbang oleh net ekspor, yang angkanya bisa positif maupun defisit.

"Pencabutan subsidi listrik itu besar dampaknya, karena pasti akan melemahkan daya beli masyarakat. Terbukti, kuartal pertama 2017 angka pertumbuhan konsumsi rumah tangga kita turun, hanya mencapai 4,8 persen, lebih rendah dibanding kuartal yang sama tahun lalu. Padahal konsumsi rumah tangga ini merupakan kontributor terbesar pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya

Pencabutan subsidi listrik bagi 18,7 juta rumah tangga pelanggan R-1 atau 900 VA, membuat hidup masyarakat yang sudah susah semakin menderita.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News