Semarakkan Bazar Ramadan dengan Pentas Kesenian

Semarakkan Bazar Ramadan dengan Pentas Kesenian
Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR (berdiri di belakang) bersama rombongan tari dari Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dalam rangka Bazar Ramadan dan Pasar Murah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (14/6). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Kegiatan Bazar Ramadan dan pasar murah yang digelar Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta tidak hanya memajang produk makanan dan pakaian. Sebab, kegiatan sosial yang berlangsung mulai Selasa (13/6) itu dimeriahkan pentas seni.

Wakil Ketua PIA DPR Grace Fadli Zon mengatakan, ada kelompok-kelompok dan pelaku seni dari beberapa beberapa daerah di Indonesia yang diberi kesempatan untuk pentas di kegiatan sosial itu. Menurutnya, kegiatan seni sengaja digelar pada hari kedua bazar demi menambah semarak acara yang akan berakhir besok (15/6) itu.

"Kebudayaan yang kita miliki di Nusantara tentunya merupakan kekayaan kita sebagai negara yang memiliki ribuan pulau. Untuk itu, kita juga harus mengapresiasi dan menggaungkannya juga di negara sendiri," ujar Grace yang juga istri Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Rabu (14/6).

Sedangkan pengusur PIA DPR lainnya, Ishta Agus Hermanto menuturkan, para pelaku seni kebudayaan Nusantara sudah seharusnya mendapat perhatian khusus masyarakat Indonesia secara luas. Karenanya PIA DPR yang dipimpin Deisti Novanto pun berinisiatif menggandeng para pelaku seni.

"Kita apresiasi dan lestarikan dimulai dari lingkungan kita dahulu. Jangan sampai ketika negara lain mengakuinya, kita baru panik dan protes," ujarnya.

Sekretaris Bazar Ramadan PIA DPR Aliya Baskoro Yudhoyono menambahkan, pihaknya menggandeng pelaku-pelaku seni tari dari sejumlah daerah di Indonesia. Tarian dari Aceh dan Papua pun ditampilkan di acara itu.

"Kemarin kita membawa para penari dari Papua untuk menarikan beberapa tarian seperti Sajojo. Lalu juga ada tarian sasando. Sedangkan hari ini kita akan mempersembahkan tarian Saman dari Aceh serta gelar busana Batik Nusantara dan juga Nasyid," tutur Aliya.

Bazar Ramadan PIA DPR sudah menjadi agenda rutin. Kali ini, PIA DPR mengandeng para 80 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memajang produk mereka.

Kegiatan Bazar Ramadan dan pasar murah yang digelar Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta tidak hanya memajang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News