Fahri Hamzah Yakin tak Mudah Dongkel Setya Novanto

Fahri Hamzah Yakin tak Mudah Dongkel Setya Novanto
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah mengatakan tidak mudah untuk mengganti Setya Novanto dari posisi ketua DPR.

Menurut Fahri, posisi Novanto sekarang lebih banyak terkait dengan posisinya sebagai ketua umum Partai Golkar, partai terbesar kedua dengan tiket 14,7 persen suara di Pilpres 2019.

Nah, Fahri tentu tidak mau mencampuri urusan internal Golkar. “Tapi sepertinya itu tidak akan terlalu mudah karena semua proses politik di Partai Golkar juga memerlukan persetujuan dan penandatanganan dokumen-dokumen yang dilakukan ketum. Kan (Novanto) masih ketum, kan?" kata Fahri di gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/11).

Fahri menegaskan, pengajuan pimpinan DPR, rekomposisi fraksi, dan semuanya bersumber dari tanda tangan ketum. “Itu yang akan kita tunggu dari sisi Golkar,” tegasnya.

Dari sisi internal DPR, menurut Fahri, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) baru bisa memproses menuju pemberhentian sementara setelah statusnya sebagai terdakwa.

Fahri mendengar Novanto juga saat ini tengah mengajukan praperadilan yang akan disidang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Tentu nanti akan ada hasil dari praperadilan itu.

"Ini bisa ada hasil (MKD), ini juga bisa ada hasil (praperadilan). Bagaimana Partai Golkar merespons dinamika itu? Ya itu terserah dinamika partainya sendiri," katanya.

Dia mengingatkan, MKD tidak bisa memproses sebelum Novanto berstatus terdakwa. Hal itu sudah diatur dalam Undang-undang MD3 dan tata tertib DPR.

Fahri Hamzah menegaskan pengajuan pimpinan DPR, rekomposisi fraksi, dan semuanya bersumber dari tanda tangan ketua umum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News