Faisal Basri: Makin Lama Jokowi Berkuasa, Ekonomi Jadi Tercecer

Faisal Basri: Makin Lama Jokowi Berkuasa, Ekonomi Jadi Tercecer
Ekonom senior Faisal Basri merasa tidak terima jika ada pihak yang menyinggung rakyat masih menghendaki Joko Widodo (Jokowi) tetap menjabat Presiden RI sehingga mengusulkan penundaan Pemilu 2024. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Faisal Basri merasa tidak terima jika ada pihak yang menyinggung rakyat masih menghendaki Joko Widodo (Jokowi) tetap menjabat Presiden RI, sehingga mengusulkan penundaan Pemilu 2024.

Menurut dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) itu, indikator rakyat menghendaki Jokowi menjabat Presiden RI tidak jelas.

"Alasan rakyat yang menghendaki, ukurannya apa? Rentan rekayasa tentu kami tahu," kata Faisal Basri dalam diskusi daring, Rabu (2/3).

Pendiri Pergerakan Indonesia (PI) itu mengatakan bahwa Jokowi selama ini tidak punya prestasi signifikan selama memimpin Indonesia.

Faisal menyebut dari sisi ekonomi, inflasi di Indonesia memang melambat pada era Jokowi. Namun, pertumbuhan ekonomi justru melambat.

"Makin lama Jokowi berkuasa, makin tercecer ekonomi," beber Faisal.

Dia mengatakan rasio pajak selama kepemimpinan Jokowi juga terus turun. Ditambah, ujar Faisal, tumpukan utang yang makin menggunung dan beban bunga mencekik APBN. 

Faisal juga menuturkan bahwa deindustrialisasi terus berlangsung, padahal industri ialah ujung tombak bagi penguatan kelas menengah. 

Ekonom senior Faisal Basri merasa tidak terima jika ada pihak yang menyinggung rakyat masih menghendaki Joko Widodo (Jokowi) tetap menjabat Presiden RI sehingga mengusulkan penundaan Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News