FAKTA: Sentuhan Ini Bisa Mengubah Hidup Anda

FAKTA: Sentuhan Ini Bisa Mengubah Hidup Anda
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Sentuhan adalah mungkin yang paling diremehkan dari semua panca indera. Ada sekitar 5 juta sentuhan reseptor di kulit Anda, sekitar 3.000 di setiap ujung jari.

Bahkan manfaat paling dasar dari sentuhan adalah menurunkan tekanan darah dan detak jantung, sementara juga menenangkan sistem saraf dan memicu pelepasan hormon bahagia seperti endorfin dan oksitosin. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami tubuh yang meringankan rasa sakit baik fisik dan mental, membuat Anda jauh lebih bahagia.

Oksitosin adalah hormon yang berhubungan dengan perasa seperti cinta, kepercayaan dan ikatan.

Berikut adalah beberapa fakta tentang kekuatan sentuhan, seperti dilansir laman India Times, Senin (26/10).

1. Memeluk seseorang atau memegang tangan mereka benar-benar bisa menghilangkan efek stres.

Sebuah studi menemukan bahwa memeluk seseorang selama 20 detik dan memegang tangan mereka selama 10 menit bisa membatalkan efek stres dan memperbaiki denyut jantung dan tekanan darah.

2. Wanita yang memeluk lebih sering secara fisik sehat daripada mereka yang tidak.

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang sering dipeluk oleh mitra mereka memiliki tekanan darah lebih rendah dan denyut jantung lebih normal daripada mereka yang tidak. Mereka juga memiliki tingkat yang lebih tinggi dari hormon oksitosin.

3. Sentuhan di lengan bisa meningkatkan peluang seorang pria mendapatkan seorang wanita.

Sentuhan adalah mungkin yang paling diremehkan dari semua panca indera. Ada sekitar 5 juta sentuhan reseptor di kulit Anda, sekitar 3.000 di setiap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News