Fathanah Keluarkan Uang demi Bayari Hutang Luthfi

Fathanah Keluarkan Uang demi Bayari Hutang Luthfi
Fathanah Keluarkan Uang demi Bayari Hutang Luthfi

jpnn.com - JAKARTA - Ahmad Fathanah yang kini menjadi terdakwa dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian serta tindak pidana pencucian uang, dikenal sebagai sosok yang senang bagi-bagi uang di kala senang. Sekretaris pribadi Luthi Hasan Ishaaq, Ahmad Zaky, bahkan mengaku pernah beberapa kali menerima uang dari Fathanah.

"Saya pernah menerima transfer uang dari terdakwa, ada tiga kali. Ada yang Rp 5 juta, Rp 7 juta, dan Rp 50 juta," kata Zaky saat bersaksi di persidangan Fathanah, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (26/8).

Hakim anggota I Made Hendra tak puas dengan pengakuan Zaky lantas mencecar alasan Fathanah memberikan uang itu. Fathanah, kata Zaky, memberikan uang tanpa maksud lain.

"Kalau beliau lagi happy dia (Fathanah, red) bilang ke saya, 'Zaky, ini saya mau kasih kamu uang'," kata Zaky.

Majelis tak kehilangan akal. Zaky pun dicecar dengan pertanyaan tentang transfer Rp 50 juta yang diterimanya dari Fathanah. Menurut Zaky, uang itu untuk membayar hutang atas nama Luthfi. Sebab, Luthfi pernah meminjam uang ke Zaky. "Hutang buat membangun rumah," ucap Zaky.

Sedangkan nggota majelis, Aswijon, bertanya tentang mobil Mitsubishi Pajero dari Fathanah untuk Luthfi. Namun, Zaky mengaku tak tahu soal itu. "Saya tidak tahu," tegasnya. (boy/jpnn)


JAKARTA - Ahmad Fathanah yang kini menjadi terdakwa dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian serta tindak pidana pencucian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News