Fauja Singh, Pelari Maraton Tertua di Dunia

Fauja Singh, Pelari Maraton Tertua di Dunia
Fauja Singh, Pelari Maraton Tertua di Dunia
HONGKONG--Fauja Singh, pelari berumur 101 tahun berhasil menyelesaikan lomba lari maraton di Hong Kong yang berjarak 10 kilometer, sekaligus mengukuhkannya sebagai pelari maraton tertua di dunia. Atlet kelahiran India itu menempuh jarak tersebut dalam waktu satu jam 32 menit 28 detik.

"Sekarang saya akan menggantung sepatu, alias pensiun," ujar Singh selesai lomba, seperti dilansir cbsnews (26/2).

Pelari yang juga dijuluki ‘Torpedo Bersorban’ ini, setiap lomba selalu mengenakan sorban berwarna kuning dan janggut panjang memutih. Sebelumnya, Singh juga menjadi peserta tertua dalam maraton di Toronto, Kanada, pada 2011. Namun prestasinya ini tidak diakui oleh Guinness World Records sebab tidak memiliki surat kelahiran untuk membuktikan umurnya.

Ketika mengikuti rute sepanjang bibir utara Pulau Hong Kong, dia didampingi oleh sekelompok masyarakat Sikh lokal yang merupakan satu suku dengan dirinya. Singh bergabung dengan sekitar 72 ribu pelari lainnya yang mengambil bagian dalam maraton.

HONGKONG--Fauja Singh, pelari berumur 101 tahun berhasil menyelesaikan lomba lari maraton di Hong Kong yang berjarak 10 kilometer, sekaligus mengukuhkannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News