FDS Masih Dikaji, Mendikbud: Bukan Belajar Seharian Penuh, tapi...

FDS Masih Dikaji, Mendikbud: Bukan Belajar Seharian Penuh, tapi...
Ilustrasi. Foto dok Jawa Pos/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan mengkaji kemungkinan penerapan sistim belajar mengajar dengan full day school (FDS). Hal ini dilakukan untuk memerkuat pendidikan karakter siswa.

Namun, Muhadjir menekankan sistim ini tidak mengharuskan siswa belajar di sekolah seharian.

"Full day school ini tidak berarti peserta didik belajar seharian penuh di sekolah, tetapi memastikan bahwa peserta didik dapat mengikuti kegiatan-kegiatan penanaman pendidikan karakter, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Saat ini sistem belajar tersebut masih dalam pengkajian lebih mendalam,” ujar Muhadjir di Jakarta, Senin (8/8).

Dia menyatakan akan mengkaji masukan-masukan dari masyarakat, termasuk kondisi sosial dan geografis mana saja yang memungkinkan sistim belajar tersebut diterapkan.

"Misalnya di daerah mana saja yang orangtuanya sibuk, sehingga tidak punya banyak waktu di rumah,” sambung Muhadjir.

Lingkungan sekolah, kata Muhadjir, harus memiliki suasana yang menyenangkan. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan pembelajaran formal sampai dengan setengah hari, selanjutnya bisa diisi dengan ekstrakurikuler.

"Usai belajar setengah hari hendaknya para peserta didik tidak langsung pulang ke rumah, namun mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan, dan membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi mereka,” imbaunya.

Dengan demikian peserta didik terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dan kontra produktif, seperti penyalahguaan narkoba, tawuran, dan sebagainya.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan mengkaji kemungkinan penerapan sistim belajar mengajar dengan full

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News