Kamis, 18 Juli 2019 – 11:40 WIB

Aftermarket

Federal Lubricant Mulai Godok Oli Diesel B20

Rabu, 31 Oktober 2018 – 05:00 WIB
Federal Lubricant Mulai Godok Oli Diesel B20 - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Berbagai produsen oli di Indonesia telah meluncurkan pelumas terbaru untuk mendukung kebijakan pemerintah yang menetapkan standar bio diesel dengan kandungan nabati menjadi 20 persen yang disebut B20.

Untuk memenuhi kebijakan pemerintah tentang B20, produsen oli Federal Lubricant tengah menyiapkan pelumas mesin untuk kendaraan yang meminum solar B20.

President Director PT Federal Karyatama (Federal Lubricant) Patrick Adhiatmadja mengatakan, pihaknya masih menggodok oli mesin untuk kendaraan penumpang diesel B20.

"B20 adalah standar untuk mesin industri. Kami telah mempunyai lubricant untuk kemasan drum yang sudah memenuhi kondisi B20, tapi untuk kendaraan komersial," ujar Patrick di Jakarta, Selasa (30/10).

Kalau untuk kendaraan penumpang, kata Patrick, saat ini pihaknya masih tahap pengembangan standar B20. Namun dirinya melihat yang berkembang saat ini adalah kendaraan diesel yang teknologinya rendah, kebanyakan dari mereka pun tidak memakai B20 masih memakai B7.

"Tapi kami melihat agak kontradiktif teknologinya saat ini. Pelumas sudah tinggi tapi BBM-nya itu di set masih minim. Jadi pihak produsen pelumas seperti kami ini harus bekerja untuk memenuhi performa mesin di setiap rentang," tandas Patrcik. (mg9/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar