Festival TIK 2023, Berantas Hoaks Melalui Pergelaran Budaya

Festival TIK 2023, Berantas Hoaks Melalui Pergelaran Budaya
Festival TIK ke-12 tahun 2023 menyajikan pergelaran budaya agar seluruh lapisan masyarakat dapat menikmatnya. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Festival TIK ke-12 tahun 2023 menyajikan pergelaran budaya agar seluruh lapisan masyarakat dapat menikmatnya.

Festival TIK 2023 diselenggarakan oleh Relawan TIK Indonesia berkerja sama dengan Kemenkominfo dan Universitas PGRI Semarang, dengan tema 'Berantas Hoaks Menuju Pemilu Damai 2024'.

“Kami ingin menciptakan pemilu damai dalam terminologi Bawaslu adalah pemilu berkeadilan dan bermatabat serta berintegritas, sedangkan kata damainya bisa dilihat jika sebuah pemilu berintegritas itu sudah pasti damai," tutur Koordinator Divisi Humas, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sosiawan dalam keterangannya, Minggu (5/11).

Dia juga menyampaikan untuk terciptanya cita-cita harapan dari Bawaslu, terdapat pengawasan dan penindakan terhadap aparat ASN yang memang harus memegang teguh netralitas selama pemilu 2024 ini berlangsung.

Dalam memunculkan cita-cita, harapan, tujuan serta komitmen Bawaslu, beragam kegiatan dilakukan. Misalnya, saat ini sudah banyak laporan masuk di mana terdapat indikasi suatu daerah yang ASN atau aparat desa mendukung atau tidak netral.

"Itu harus lapor dan Bawaslu nanti akan melakukan pencegahan,. Kalau bisa dicegah akan lebih bagus, tetapi di samping itu juga terdapat penindakan dengan cara memberikan peringatan," lanjutnya.

Di samping hal tersebut, Sosiawan sebagai perwakilan dari Bawaslu juga melakukan beberapa Upaya untuk mewujudkan pemilu yang adil integritas dan damai. Salah satunya adalah pemetaan kerawanan pemilu.

Sosiawan memaparkan di dalam upaya mewujudkan pemilu yang adil integritas dan damai, pihaknya sudah melakukan pemetaan kerawanan pemilu.

Festival TIK 2023 menyajikan berbagai pergelaran budaya untuk memberantas informasi hoaks 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News