FHI Klaim Guru Honorer di Indonesia Rerata S1

FHI Klaim Guru Honorer di Indonesia Rerata S1
Demo ribuan guru honorer K2 beberapa waktu lalu di Jakarta. FOTO: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Forum Honorer Indonesia (FHI) mengklaim guru-guru honorer saat ini rata-rata sudah strata satu (S1), bahkan ada yang S2. Ini menunjukkan kualitas guru honorer sudah lebih bagus.

“Dari sisi kompetensi guru honorer di Indonesia saat ini hampir seluruhnya sudah S1,” kata Ketua Dewan Pembina FHI Pusat Hasbi kepada JPNN, Kamis (24/9).

Seharusnya, kata Hasbi, peran dan tanggung jawab ini dilakukan Kemendikbud dengan memaksimalkan peningkatan kualitas guru melalui berbagai program dan pelatihan yang mumpuni.

“Bukan pelatihan seremonial menghabiskan anggaran dan tidak mendongkrak kualitas guru dan pendidikan secara nasional,” katanya.

Ia berpandangan, seharusnya yang harus dilakukan Kemendikbud adalah meningkatkan kesejahteraan dan status guru honorer serta memberikan perhatian dengan memberdayakan keberadaan guru honorer. Juga memberikan kesempatan seluas - luasnya kepada guru honorer untuk meningkatkan kompetensi dan jenjang pendidikan guru honorer dengan berbagai program dan pelatihan. 

FHI, kata dia, justru memberi penghargaan dan penghormatan terhadap guru honorer karena dengan upah yang sangat rendah mereka masih bisa mengabdikan diri pada negara.

“Sangat tidak masuk akal dengan upah yang rendah guru honorer harus berkompetensi setara dengan guru PNS yang sudah sertifikasi dengan tingkat kesejahteraan dan kesempatan mendapatkan pelatihan serta berbagai penggunaan fasilitas negara yang didapatkan guru PNS,” katanya.

Ia menambahkan, peran guru honorer dapat menutupi kekurangan guru secara nasional. Rekrutmen guru melalui tes CPNS umum tidak menjamin kualitas guru dan pendidikan menjadi lebih baik. Sebab dari segi kesiapan melaksanakan tugas profesi guru dan pengalaman mengajar guru honorer jauh lebih mumpuni di lapangan karena sudah bertahun - tahun menjadi guru.‎(esy/jpnn)


JAKARTA - Forum Honorer Indonesia (FHI) mengklaim guru-guru honorer saat ini rata-rata sudah strata satu (S1), bahkan ada yang S2. Ini menunjukkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News