Fiji Ingin Jadi Peninjau ASEAN Summit di Bali

Fiji Ingin Jadi Peninjau ASEAN Summit di Bali
Fiji Ingin Jadi Peninjau ASEAN Summit di Bali
JAKARTA – Perdana Menteri Republik Kepulauan Fiji, Josaia Voreqe Bainimarama membawa duta besar barunya ke Jakarta, Ratu Tui Cavuilati. Mereka ingin meningkatkan kerjasama diplomatik di berbagai bidang, terutama ingin belajar demokrasi di Indonesia. Pada penyelenggaraan ASEAN Summit di Bali akhir April nanti, Fiji ingin menjadi negara peninjau.

"Fiji resmi membuat kantor duta besar di Jakarta. Mereka menyampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mempelajari demokrasi di Indonesia,” kata Menlu Marty Natalegawa, Rabu (6/4).

Kedatangan Josaia Bainimarama juga menyampaikan kepada Presiden SBY bahwa negaranya akan menjadi peninjau pada pertemuan ASEAN di Bali akhir April ini. “Mereka akan menjadi peserta peninjau pada pertemuan ASEAN di Bali. Mereka ingin mengetahui lebih banyak soal demokrasi Indonesia, lembaga KPU (komisi pemilihan umum), serta ingin meningkatkan berbagai kerjasama di banyak bidang,” kata Marty.

Fiji yang merdeka dari jajahan Inggris itu berharap Indonesia menyambut baik keinginan mereka tersebut. “Dalam pengamatan Fiji, Indonesia dipandang sebagai negara yang berhasil dalam melakukan proses demokrasi. Mereka berharap ada masukan dari Indonesia.”

JAKARTA – Perdana Menteri Republik Kepulauan Fiji, Josaia Voreqe Bainimarama membawa duta besar barunya ke Jakarta, Ratu Tui Cavuilati. Mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News