Final Dulu, Lalu Bronckhorst Pensiun

Final Dulu, Lalu Bronckhorst Pensiun
PENSIUN - Giovanni Van Bronckhorst usai mencetak gol ke gawang Uruguay yang dijaga Fernando Muslera (depan), Selasa (6/7) kemarin di Cape Town. Foto: Alex Livesey/Getty Images/FIFA.com.
SEBAGAI seorang bek, Giovanni van Bronckhorts jarang mencetak gol. Di antara yang sedikit itu, salah satunya adalah gol cantik yang disarangkan Van Bronckhorts ke gawang Uruguay kemarin dini hari. Siapa sangka, gol itulah yang kemudian membuka jalan kemenangan bagi Belanda.

Dengan usia yang sudah menapak 35 tahun, karir Van Bronckhorst memang tak lagi panjang. Karena itu, dia mimilih partai final Piala Dunia 2010 sebagai laga pemungkasnya sebagai penggawa Oranje, julukan Belanda. Defender yang sudah 14 tahun membela Belanda itu memutuskan pensiun dari timnas setelah Piala Dunia kali ini.

"Semoga final nanti menjadi pertandingan yang paling indah dalam hidup saya," kata Van Bronckhorst sebagaimana dilansir Associated Press. "Game terakhir dalam karir internasional saya adalah final Piala Dunia. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari itu," lanjut pemain Feyenoord Rotterdam itu.

Karir Van Bronckhorst sebenarnya hampir habis setelah Euro 2008. Namun, pelatih Bert van Marwijk masih memberinya kepercayaan. Bahkan, karena usianya paling senior, Van Bronkhorst didapuk sebagai kapten menggantikan kiper Edwin van der Sar yang pensiun dari timnas.

SEBAGAI seorang bek, Giovanni van Bronckhorts jarang mencetak gol. Di antara yang sedikit itu, salah satunya adalah gol cantik yang disarangkan Van

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News