Firefox Bakal Blokir Ribuan Tracker

Firefox Bakal Blokir Ribuan Tracker
Firefox. Foto: The Verge

jpnn.com - Firefox dilaporkan akan memblokir ribuan tracker web secara default. Hal ini dilakukan untuk melindungi privasi para pengguna dari situs web, perusahaan analitik, dan pengiklan yang ingin mengikuti jalur mereka di web.

Dilansir dari The Verge, Kamis (6/6), dengan pemblokiran tersebut, Firefox diklaim akan lebih cepat dan lebih baik dalam menjaga privasi para penggunanya ketika berselancar di dunia maya.

Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak Oktober tahun lalu. Namun, Firefox masih memberi kebebasan pada para pengguna untuk mengaktifkan. Nantinya pada Firefox baru, fitur ini akan langsung aktif. Selanjutnya, Firefox akan menerapkannya secara default pada seluruh pengguna.

Diketahui, fitur anti tracker semacam ini sejatinya sudah dimiliki oleh beberapa browser, sebut saja Safari. Apple juga pernah menerapkan aturan tersebut.

Firefox menegaskan, pihaknya akan memblokir hampir semua pelacak pihak ketiga secara default. Tak hanya itu, Apple juga membatasi pelacak tersebut agar tidak digunakan oleh pihak lain.

Seorang juru bicara Firefox mengatakan, perusahaan menemukan bahwa akan memblokir yang mengarah ke skenario di mana beberapa situs web mungkin tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu mereka memilih pendekatan parsial itu untuk mencegah potensi masalah kegunaan.

"Siapa pun yang menginginkan lebih banyak perlindungan dapat masuk ke pengaturan dan perubahan Firefox pengaturan pemblokiran pelacakan dari standar, yang menjadi default, ke pengaturan strict," ujarnya. (mg9/jpnn)


Firefox dilaporkan akan memblokir ribuan tracker web secara default. Hal ini dilakukan untuk melindungi privasi para pengguna dari situs web


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News