Firli Minta Pemda Tak Perlu Takut Gunakan APBD untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

Firli Minta Pemda Tak Perlu Takut Gunakan APBD untuk Bantu Korban Gempa Cianjur
Ketua KPK Firli Bahuri. Ilustrasi. Foto: ANTARA/Fikri Yusuf

jpnn.com, JAKARTA - Ketua KPK Firli Bahuri buka suara soal imbauan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang meminta kepala daerah mengalokasikan dana belanja tidak terduga (BTT) guna membantu korban gempa Cianjur.

Firli menegaskan pemerintah daerah tak perlu ragu memanfaatkan dana yang tersedia selama penggunaannnya mengikuti mekanisme dan aturan yang berlaku.

Pemda tidak usah takut mengambil keputusan, kan sudah ada mekanismenya. Yang terpenting dana itu betul-betul untuk membantu rakyat yang sedang tertimpa bencana,” kata Firli, Kamis (24/11).

Menurut Firli, dalam situasi bencana sudah seharusnya semua pihak saling membantu serta menunjukkan solidaritas antarsesama.

Kendati begitu, dia tetap mewanti-wanti agar tidak ada pihak mana pun yang tega memanfaatkan situasi demi mengeruk keuntungan pribadi.

“Jangan sampai korupsi penanganan bencana terulang lagi. Sebab itu sangat tidak manusiawi dan sangat melukai hati rakyat,” kata Firli.

Firli menyatakan akan mengawasi titik-titik rawan korupsi dalam penanganan bencana, mulai fase tanggap darurat seperti sekarang hingga fase rehabilitasi.

Dia pun memastikan akan menindak siapa saja yang berniat cari keuntungan dengan menjadikan bencana sebagai ladang korupsi.

Ketua KPK Firli Bahuri meminta Pemda tak perlu ragu memanfaatkan dana yang tersedia selama penggunaannnya mengikuti mekanisme dan aturan yang berlaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News