Fitra Siapkan Gugatan Gedung Baru DPR

Fitra Siapkan Gugatan Gedung Baru DPR
Fitra Siapkan Gugatan Gedung Baru DPR
JAKARTA - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang tergabung dalam Koalisi LSM untuk APBN Kesejahteraan Rakyat akan mengajukan gugatan perdata ke pengadilan terkait rencana pembangunan gedung baru DPR. Gugatan awal, menurut Sekjen Fitra, Yuna Farhan, minta pengadilan menetapkan rencana pembangunan itu sebagai status quo.

"Publik sering memberikan tekanan penolakan pembangunan gedung baru DPR melalui aksi dan media. Tapi DPR tuli, makanya kita melakukan gugatan terhadap DPR melalui pengadilan. Tahap awal kita minta pengadilan menetapkan dulu proyek pembangunan itu status quo sampai ada keputusan atas gugatan kami," ujar Yuna, kepada wartawan di gedung DPR, Jakarta, Senin (28/3).

Penetapan status quo sendiri menurut Yuna menjadi penting karena pembangunan itu sudah akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Jangan sampai pembangunan itu berjalan terlebih dahulu sebelum adanya keputusan pengadilan mengenai gugatan kami. ”Jadi sebelum keputusan ditetapkan, kami minta pengadilan untuk menghentikan dulu,” imbuhnya.

Dirinya pun meminta kepada fraksi-fraksi yang selama ini menolak pembangunan gedung baru DPR untuk bergabung dengan koalisi LSM ini. "Fraksi PDI-P, Gerindra dan Hanura serta Golkar kami minta untuk bergabung dengan koalisi LSM guna menolak pembangunan gedung baru DPR."

JAKARTA - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang tergabung dalam Koalisi LSM untuk APBN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News