FKUB Kaltim Belajar Kehidupan Kerukunan dan Moderasi Beragama dari Ganjar

FKUB Kaltim Belajar Kehidupan Kerukunan dan Moderasi Beragama dari Ganjar
FKUB Kaltim ketika melakukan pertemuan dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kalimantan Timur (FKUB Kaltim) melakukan studi kehidupan kerukunan ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Rabu (21/6).

Dalam studi tersebut, hadir Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Ketua MUI Kaltim KH Muhammad Rasyid, dan Ketua FKUB Kaltim Asmuni Alie di Ruang Rapat Gedung B Lantai 5, Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang.

Dalam kunjungannya, FKUB Kaltim belajar langsung kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tentang bagaimana toleransi antarumat beragama berjalan di Jateng.

Di bawah kepemimpinan Ganjar, Jateng dinilai sebagai tempat yang sangat kental dengan nilai-nilai toleransi tinggi meski dibalut banyak perbedaan di tengah masyarakatnya.

“Ingin banyak belajar dari Jawa Tengah yang jumlah penduduknya 37 juta, pasti banyak ragam masalah yang dihadapi. Tetapi kami melihat Pak Ganjar mampu dengan kepemimpinannya bersama dengan FKUB membangun kehidupan yang harmonis,” kata Hadi dalam siaran persnya.

Telebih terdapat empat kota yang mendapat predikat kota toleran se-Indonesia versi SETARA Institute. Yakni Kota Salatiga, Kota Surakarta, Kota Semarang, dan Kota Magelang.

Hadi mengatakan hal tersebut menjadi patokan Provinsi Kaltim untuk belajar mengenai kehidupan antarumat beragama dari Ganjar. Apalagi Kaltim akan menjadi Ibu Kota Negara.

“Salah satu yang menarik di Kabupaten Klaten membentuk FKUB sampai ke tingkat desa. Jumlah personel itu lebih dari 5.000 dan itu menjadi terbesar, terlengkap se-Indonesia. Harapan kami ini bisa menjadi contoh di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia,” kata Hadi.

FKUB Kalimantan Timur melakukan studi untuk belajar kehidupan kerukunan dan moderasi beragama dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News