Flyover Ini akan Diujicoba Minggu Depan

Flyover Ini akan Diujicoba Minggu Depan
Sejumlah kendaraan melintas dibawah jembatan layang Simpang Jam Baloi, Selasa (7/11). Pembangunan jalan layang tersebut di perkirakan rampung pada akhir tahun. F Cecep Mulyana/Batam Pos

jpnn.com, BATAM - Flyover Simpangjam dipastikan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat Batam, Kepulauan Riau, dalam waktu dekat ini.

Pasalnya pembangunan flyover ini sudah rampung 96,2 persen. Minggu depan, kontraktor akan membuka lalu lintas di flyover.

Tujuannya adalah untuk uji coba sebelum diresmikan pada 5 Desember nanti.

“Seminggu lagi mau ujicoba untuk melihat flyover yang kami kerjakan. Namun hanya untuk kendaraan roda empat saja,” jelas Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Andre Sirait saat ditemui di bawah Flyover Simpangjam, Rabu (8/11).

Proses pembangunan Simpangjam akan dikebut untuk mengejar peresmian.”Rencana awal memang selesai 20 Desember, tapi akan kami kebut,” ungkapnya.

Untuk kendaraan roda dua, tampaknya tak bisa melewati flyover tersebut. Andre mengatakan pihaknya akan membicarakan lebih lanjut lagi mengenai jalan untuk roda dua. Karena pada dasarnya perlu jalur khusus.

“Untuk struktur jembatan sudah siap. Sudah bisa dilewati. Kami hanya tinggal mengecat dan menambah ukiran khas Melayu saja,” jelasnya.

Andre juga menyebut pihaknya akan membangun taman di bawah flyover. Konsep tamannya pasif dan diisi oleh tanaman anti polutan seperti Lidah Mertua dan Sirih Belanda.”Tanaman ini tak perlu banyak sinar matahari. Sangat cocok diletak dibawah flyover,” jelasnya lagi.

Flyover Simpangjam dipastikan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat Batam, Kepulauan Riau, dalam waktu dekat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News