Fokus Bebas Genangan di 106 Lokasi

Fokus Bebas Genangan di 106 Lokasi
Fokus Bebas Genangan di 106 Lokasi
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menargetkan dalam dua tahun mampu meminimalisasi terjadinya genangan di jalan protokol. Paling tidak, kawasan ibu kota selalu dihantui air yang meluap ke jalan raya di 106 lokasi. Minimalisasi genangan dilakukan secara bertahap dimulai tahun ini dengan pekerjaan di 33 lokasi.

Dilanjutkan pada 2011 di 56 lokasi dan 2012 di 17 lokasi. Rekayasa minimalisasi genangan dilakukan dengan cara mengeruk sampah yang ada dalam drainase, mempelebar luas drainase serta menyodet drainase. Tidak hanya itu, di sejumlah pintu saluran juga dipasang pompa agar air yang mengalir bisa dipercepat sampai ke saluran besar.

 

’’Kerusakan drainase memang dinamis. Bisa terjadi di mana saja. Tapi yang sudah diidentifikasi akan diperbaiki seluruhnya. Drainase bagus, air juga akan mengalir dengan lancar,’’ ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Ery Basworo.

Kerusakan drainase tersebar di lima wilayah DKI. Kondisinya pun berbeda-beda. Ada yang tertutup sampah sama sekali, ada yang lubang drainasenya kecil saat kali pertama dibangun, ada juga saluran yang tidak ada muaranya. Seperti di Jakarta Pusat ada 27 lokasi, Jakarta Utara ada 12 lokasi, Jakarta Timur 13 lokasi, Jakarta Selatan 22 lokasi, serta Jakarta Barat 32 lokasi.

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menargetkan dalam dua tahun mampu meminimalisasi terjadinya genangan di jalan protokol. Paling tidak, kawasan ibu kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News