Food Estate Sumsel Menciptakan Ekosistem Terintegrasi Berkelanjutan

Food Estate Sumsel Menciptakan Ekosistem Terintegrasi Berkelanjutan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri Kick-Off Food Estate Sumatera Selatan. Foto: Kementan.

jpnn.com, OGAN ILIR - Keterlibatan pemerintah daerah, BUMN, perbankan, serta pelaku usaha sangat dibutuhkan dalam rangka memercepat program Food Estate. 

Hal itu guna meningkatkan kesejahteraan petani dan menghadirkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.
Oleh karena itu, Kick-Off Food Estate "Petani Bela Negeri" Agrosolution, yang dihelat di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat, 28 Mei 2021, adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Kementerian Pertanian, PT Pusri, dan stakeholder lainnya untuk mewujudkan hal tersebut.

Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan bahwa apa yang dilakukan hari ini adalah wujud dan komitmen Sumsel bersama berbagai pihak dalam menjaga stabilitas pangan melalui program Food Estate.

Dalam kesempatan itu, Herman pun memastikan bahwa apa yang diperintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sudah dilaksanakan.

"Hari ini, kami ingin tunjukkan kepada Bapak Menteri bahwa semua yang bapak perintahkan sudah kami jalankan," kata Herman.

Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh menyatakan dengan semangat transformasi bisnis dan visinya, PT Pusri terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada para stakeholder.

Salah satunya dengan diluncurkannya program agrosolution. 
Program ini akan memberikan pendampingan budi daya kepada petani, aplikasi teknologi pertanian, akses permodalan dan off take hasil panen dari stakeholder.

Semua itu diharapkan dapat membantu petani mencapai hasil optimal yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani
"Kami siap men-support bukan hanya Food Estate tetapi juga komoditas lain sesuai dengan klaster, episentrum sawit, karet, dan juga singkong yang sudah kami siapkan pupuk spesifik," ujar Tri.

Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan bahwa apa yang diperintahkan Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam menjaga pangan melalui Food Estate sudah dijalankannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News