Kementan: Food Estate Kalteng Bakal Jadi Kiblat Lumbung Pangan Nasional

Kementan: Food Estate Kalteng Bakal Jadi Kiblat Lumbung Pangan Nasional
Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Momon Rusmono saat meninjau gerakan percepatan tanam padi di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Selasa, (4/5). Foto: Kementan

jpnn.com, KAPUAS - Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Momon Rusmono memastikan food estate Kalimantan Tengah akan menjadi percontohan pertanian modern.

Oleh karena itu, gerakan percepatan tanam harus dilakukan dengan penuh kerja keras, serta menanamkan jiwa semangat tinggi.

"Saya bilang Kalimantan tengah itu akan dijadikan kiblatnya food estate. Kenapa? karena ini menyangkut harga diri. Makanya harus kerja extra ordinary," katanya.

Hal tersebut disampaikan saat meninjau gerakan percepatan tanam padi di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Selasa, (4/5).

Food estate di daerah tersebut mengolah tanaman dengan menggunakan sider atau alat tanam benih langsung, dan melakukan penaburan benih dengan drone.

Menurut Momon, keberhasilan food estate diukur dari seberapa besar keseriusan semua pihak, termasuk para petani dan penyuluh dalam menyelesaikan semua proses masa tanam dan panen.

Dia percaya keberhasilan tersebut akan sangat mudah diwujudkan karena adanya kekompakan. Sebab, fakta membuktikan, pertumbuhan ekonomi nasional ditopang oleh pertanian.

"Artinya yang lain kebutuhan kerjanya turun, pertanian tidak yang lain lesu, pertanian maju. Kenapa? Karena semua ada kebersamaan," ujar Momon.

Kementerian Pertanian memastikan food estate Kalimantan Tengah akan menjadi percontohan pertanian modern atau kiblatnya lumbung pangan nasional dalam beberapa tahun ke depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News