Formasi CPNS 2018: 8 Ribu Lebih untuk Dosen PTN

Formasi CPNS 2018: 8 Ribu Lebih untuk Dosen PTN
Menristekdikti Mohamad Nasir. Foto: Humas Kemenristekdikti

jpnn.com, JAKARTA - Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan pada rekrutmen CPNS 2018 kementerian yang dipimpinnya mendapatkan total kuota 9.260 orang. Sebanyak 8.150 orang diantaranya untuk formasi dosen.

’’Kami mengajukan (kuota CPNS, Red) 14 ribu sampai 15 ribu,’’ tutur Nasir. Dia awalnya memperkirakan bakal mendapatkan kuota CPNS sekitar 1.500 orang. Ternyata kuota yang didapat cukup signifikan.

Meskipun begitu Nasir mengatakan masih ada persoalan ketersediaan dosen PNS di PTN baru. Dia mengatakan kuota CPNS baru yang ada tahun ini, diasumsikan tidak ada PTN baru. Namun karena saat ini ada 36 unit PTN baru, maka menimbulkan beban jumlah dosen PNS.

Nasir mengatakan sejatinya Kemenristekdikti masih kekurangan 6.000 dosen. Khususnya untuk mengisi kekurangan di PTN baru. Maka Kemenristekdikti terus melakukan pengaturan distribusi, supaya PTN baru mendapatkan kuota yang cukup. Dengan alokasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian PAN-RB.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2018: Urus SKCK Nanti Saja

Sementara itu solusi untuk mengatasi kekurangan dosen, Nasir menjelaskan Kemenristekdikti menggunakan skema penerbitan nomor induk dosen khusus (NIDK).

Dosen ber-NIDK bisa menutup kekurangan dosen di sebuah perguruan tinggi. Meskipun begitu Nasir mengatakan NIDK adalah upaya mengatasi jangka pendek. (wan)

 


Pada rekrutmen CPNS 2018, Kemenristekdikti mendapatkan kuota 9 ribu lebih, mayoritas untuk formasi dosen.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News