FORNAS V Jadi Ajang Seleksi Atlet Menuju Kejuaraan Internasional

FORNAS V Jadi Ajang Seleksi Atlet Menuju Kejuaraan Internasional
Ketua Umum FORMI, Hayono Isman (dua kanan). Foto: kemenpora

jpnn.com, SAMARINDA - Pengurus Pusat Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PP PERBAFI) memanfaatkan ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) kelima pada 15-18 November di Samarinda, Kalimantan Timur untuk menyeleksi atlet menuju kejuaraan internasional.

"Ajang FORNAS ini dijadikan ajang yang paling bergengsi bagi PP PERBAFI," ujar Ketua Umum PP PERBAFI, Kemalsyah Nasution, Selasa (23/4).

Kemal juga mengatakan ada lima kategori yang akan di pertandingkan di ajang FORNAS kelima. Di antaranya Men Fitness, Men Sportmodel, Women Fitnessmodel, Women Sportmodel, Men Beachmodel.

Di mana setiap perwakilan Provinsi maksimal boleh mengirimkan atletnya sebanyak dua orang untuk setiap kategori yang sudah terpilih dari Pengprov PERBAFI masing-masing daerah.

Dia juga menyebut di Fornas V menjadi sejarah, karena pertama kali ada cabor fisikal fitness (bodycontest) resmi diadakan di ajang multievent nasional macam FORNAS. Diharapkan kedepannya PERBAFI dapat memberi contoh kepada masyarakat Indonesia agar lebih memahami cara hidup yang mumpuni.

Ajang FORNAS sendiri memang mempertandingkan dan menggelar eksebisi cabang olahraga masyarakat dan tradisional di setiap gelarannya. Bahkan beberapa cabang olahraga di FORNAS sudah ada yang menjadi cabang prestasi hingga tingkat internasional macam pencak silat, dayung, panjat tebing, dan beberapa cabang lain.

"Olahraga rekreasi bisa menjadi olahraga prestasi. Contohnya eSport, itu awalnya di rekreasi tapi sekarang sudah ikut olahraga prestasi. Bukan berarti mereka meninggalkan olahraga rekreasi, sama sekali tidak. Karena di situ lah pembibitan, pemberdayaan olahraga apa pun," ujar Ketua Umum FORMI, Hayono Isman. (dkk/jpnn)


Pengurus Pusat Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PP PERBAFI) memanfaatkan ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) kelima pada 15-18 November di Samarinda, Kalimantan Timur untuk menyeleksi atlet menuju kejuaraan internasional.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News