Forum Rektor Ajukan Busyro dan Jimly

Rekomendasi Calon Pimpinan KPK

Forum Rektor Ajukan Busyro dan Jimly
Forum Rektor Ajukan Busyro dan Jimly
JAKARTA - Ajang jemput bola yang dilakukan Panitia Seleksi (pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai direspons. Forum Rektor Indonesia sudah mengajukan lima nama yang dianggap layak berkompetisi dalam bursa calon pimpinan KPK. "Ada lima nama yang direkomendasikan Forum Rektor," kata Sekretaris Pansel Pimpinan KPK Achmad Ubbe di gedung Kemenkum HAM kemarin (9/6). Lima nama itu adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie, Ketua Komisi Yudisial (KY) Busyro Muqodas, akademisi UI Hikmahanto Juwana, Ketua MK Mahfud M.D., dan akademisi Universitas Andalas Saldi Isra.

Dengan adanya rekomendasi tersebut, Achmad mengharapkan kelima nama itu segera mendaftarkan diri ke Pansel KPK. "Kami berharap, mereka segera ke sini untuk menyerahkan berkas. Sebab, waktu pendaftaran berakhir 14 Juni," imbuhnya.

Menanggapi rekomendasi tersebut, Mahfud mendukung Busyro untuk menjadi ketua KPK. Busyro adalah figur yang pas memimpin komisi antikorupsi itu. "Yang paling mungkin di antara semua yang disebut itu adalah Pak Busyro," kata Mahfud di gedung MK kemarin (9/6). Apalagi, kata dia, masa kerja Busyro di KY habis pada Agustus 2010, yang saat bersamaan KPK membutuhkan pimpinan baru.

Sementara itu, peminat calon pimpinan KPK mencapai 274 orang. Di antara jumlah tersebut, baru 98 pendaftar yang telah melengkapi berkas. Jika sebelumnya kalangan pengacara mendominasi, kemarin jumlah pendaftar dari kalangan PNS yang paling banya, yakni 36 orang. Pengacara yang berkasnya sudah lengkap adalah 26 orang.

JAKARTA - Ajang jemput bola yang dilakukan Panitia Seleksi (pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai direspons. Forum Rektor Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News