Foto Brigadir J Tertelungkup di Celah Sempit, Bersimbah Darah, Tanpa Alas Kaki

Foto Brigadir J Tertelungkup di Celah Sempit, Bersimbah Darah, Tanpa Alas Kaki
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/9) dan menunjukkan foto kondisi Novriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang menjadi korban pembunuhan berencana di rumah Irjen Ferdy Sambo. Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memperlihatkan foto Novriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dalam kondisi bersimbah darah di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam menunjukkan foto itu kepada awak media dalam jumpa pers tentang 'Laporan Pemantauan dan Penyelidikan Peristiwa Kematian Brigadir J' di Jakarta, Kamis (1/9).

Potret itu menunjukkan  tubuh Brigadir J dalam kondisi tertelungkup di celah sempit antara tangga dengan dinding rumah dinas Ferdy Sambo.

Menurut Anam, Komnas HAM memperoleh beberapa foto tempat kejadian perkara (TKP) pascapembunuhan terhadap Brigadir J di rumah bernomor 46 di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

“Komnas HAM mendapatkan beberapa foto yang menunjukkan TKP sesaat setelah peristiwa penembakan Yosua," ujar Anam.

Foto-foto itu memperlihatkan posisi jenazah Brigadir J. Ada pula foto yang menunjukkan lokasi penembakan di dalam rumah.

Tak hanya itu, Komnas HAM juga menemukan beberapa foto yang mengindikasikan adanya upaya merekayasa kasus pembunuhan tersebut menjadi baku tembak.

“Terdapat anggota kepolisian yang diduga mengonsolidasikan TKP beberapa saat setelah peristiwa terjadi,” kata Anam.

Komnas HAM memiliki sejumlah foto yang menunjukkan kondisi Brigadir J dan TKP setelah penembakan di rumah Ferdy Sambo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News