FPMISP Tegaskan Poso Jadi Ibukota Sultim

FPMISP Tegaskan Poso Jadi Ibukota Sultim
FPMISP Tegaskan Poso Jadi Ibukota Sultim
JAKARTA—Front Perjuangan Masyarakat Ibukota Sulawesi Timur di Poso (FPMISP), memberikan harga mati, agar Poso ditetapkan sebagai ibukota Propinsi oleh Gubernur dan pemerintah pusat. Poso merupakan daerah yang paling layak menjadi ibukota, dibanding daerah lain di Sulawesi Timur.

jpnn.com - Hal itu disampaikan ketua FPMISP, Abdurrahman Hasan, saat melakukan aksi damai di Silang Monas, depan Istana Kepresidenan, Rabu (20/8) sore. Desakan serupa juga disampaikan oleh Forum Poso Bersatu.

Menilik sejarah masa lalu, Poso awalnya merupakan ibu kota Sulawesi Tengah. Lantas kemudian pindah ke Palu. Hal itu, telah menimbulkan luka permanen pada hati rakyat Poso.

Agar luka pada masa lalu tidak terulangi lagi, pemerintah harus menetapkan kota Poso sebagai ibukota Propinsi Sulawesi Timur yang baru dilahirkan. Jika tidak, rakyat Poso akan melakukan gerakan radikal.

Dalam aksi damai ini, FPMISP menuntut tiga hal pada pemerintah pusat dan daerah. Diantaranya, Pemerintah pusat harus menetapkan Poso sebagai ibukota Sultim sebelum akhir tahun 2008, Gubernur Sultim harus menyerap aspirasi lokal rakyat Poso, Gubernur diminta merekomendasikan poso sebagai ibukota tampa memperhatikan Luwuk yang juga ingin jadi ibukota.(aji/jpnn).



Berita Selanjutnya:
Dapil Sumut 1, Terpanas

!-- @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } -->JAKARTA—Front Perjuangan Masyarakat Ibukota Sulawesi Timur di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News