Free Trade Zone Dinilai Masih Tepat untuk Batam

Free Trade Zone Dinilai Masih Tepat untuk Batam
Mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Eddy Hussy (kiri). Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Eddy Hussy mengatakan bahwa Free Trade Zone (FTZ) masih tepat untuk Batam.

"Saya rasa FTZ masih pas untuk Batam," ujarnya singkat di Hotel Planet Holiday, Kamis (1/6).

Transformasi Batam dari FTZ menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) banyak menimbulkan tanda tanya bagi dunia usaha di Batam.

"Ini bukan hanya memengaruhi dunia properti saja tapi juga dunia usaha secara keseluruhan," jelasnya.

Mengapa? Karena ketidakpastian tersebut, pengusaha dan investor cenderung akan bersikap menunggu dan melihat. Mereka menahan modalnya untuk memastikan situasi kondusif terlebih dahulu.

Menurut Eddy, banyak hal yang masih bisa dilakukan untuk menumbuhkan pasar properti dibanding mengurusi suatu hal yang belum pasti.

"Kalau untuk properti hanya satu saja yakni bagaimana membangun kepercayaan masyarakat. Karena properti itu merupakan investasi jangka panjang dengan nilai yang cukup mahal," ucapnya.

Untuk saat ini merupakan momen yang tepat untuk membangun kepercayaan tersebut. Memang pertumbuhan pasar properti melambat, tapi sedang menuju pemulihan.

Mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Eddy Hussy mengatakan bahwa Free Trade Zone (FTZ) masih tepat untuk Batam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News