'Free Way' Kaltim Dekati Kenyataan

'Free Way' Kaltim Dekati Kenyataan
'Free Way' Kaltim Dekati Kenyataan
BALIKPAPAN - Diperkirakan bakal menghabiskan dana sekitar Rp 5,9 trilun, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) agaknya akan segera memiliki jalan bebas hambatan (free way) sebagaimana yang direncanakan. Hal tersebut setidaknya ditandai dengan peletakan batu pertama bagi pembangunan jalan penghubung menuju free way, Selasa (24/11) pagi kemarin.

Seperti yang ditegaskan oleh pihak Pemprov Kaltim, yang diwakili Kepala Dinas PU-nya, Husinsyah, jalan ini sudah bakal selesai pada 2010 mendatang. Sementara free way-nya sendiri diperkirakan tuntas pada 2013. Untuk jalan penghubung ini, akan dikerjakan oleh PT Adhi Karya dengan dana mencapai Rp 21,4 milyar, atau tepatnya Rp 21.400.011.000 yang berasal dari APBD Kaltim.

Acara peletakan batu pertama jalur pendekat menuju free way itu sendiri dilakukan di titik nol, di lokasi Km 13 Jalan Soekarno-Hatta. Husinsyah menyebutkan bahwa setelah pembangunan jalan penghubung ini beres pada 2010, akan segera dilanjutkan dengan pembangunan free way. Jalan yang bakal menghubungkan Balikpapan dan Samarinda itu berjarak 87 kilometer.

"Tahun 2013, free way-nya akan selesai. Dananya akan dianggarkan tiap tahun," ungkap Husinsyah, kepada Kaltim Post (grup JPNN).

BALIKPAPAN - Diperkirakan bakal menghabiskan dana sekitar Rp 5,9 trilun, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) agaknya akan segera memiliki jalan bebas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News