FUI Berdemo, Jokowi dan KH Ma'ruf Bahas Ekonomi Umat

FUI Berdemo, Jokowi dan KH Ma'ruf Bahas Ekonomi Umat
Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin bersama panitia Kongres Ekonomi Umat dalam konferensi pers di Istana Negara, Jumat (31/3) usai bertemu Presiden Joko Widodo. Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Umum Majelis  Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin kembali bertemu di Istana Merdeka, Jumat (31/3). Agenda pertemuan yang waktunya bersamaan dengan Aksi Bela Islam 313 itu adalah membahas masalah ekonomi umat.

Kiai Ma’ruf mengatakan, pertemuannya dengan Presiden Jokowi kali ini dalam rangka Kongres Ekonomi Umat yang akan pertama kali digelar. “Kemarin saya datang ada diskusi dengan Pak Presiden. Hari ini kami dari MUI menghadap dalam rangka Kongres Ekonomi Umat," ujar Kiai Ma'ruf saat konferensi pers di Istana Negara usai bertemu Jokowi.

Presiden Jokowi dan MUI dalam pertemuan itu membahas seputar kongres dan penentuan temanya. Berdasar hasil diskusi dengan presiden, MUI memilih tema Arus Ekonomi Baru Indonesia untuk Kongres Ekonomi Umat. 

Kiai Ma’ruf menjelaskan, kongres itu akan dijadikan dasar menggerakkan ekonomi umat dalam rangka menyatukan potensi ekonomi bawah, menengah dan pengusana besar. Lewat kongres itu pula MUI ingin memfasilitasi semua kalangan agar saling bermitra untuk memperbaiki kondisi perekonomian nasional.

Selain itu, kemitraan juga demi memangkas kesenjangan di antara pelaku usaha dan masyarakat.

Sementara Lukman Hakim selaku ketua panitia pelaksana Kongres Ekonomi Umat mengatakan, MUI berupaya mendorong atau bersinergi dengan pemerintah dalam mengurangi kesenjangan. “Jadi kami tadi dengan bapak presiden membahas kesenjangan yang ada di masyarakat," ujar dia.

Merujuk rencana MUI, Kongres Ekonomi Umat akan diadakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid. Kongres bertema Arus Baru Ekonomi Indonesia itu bakal dihadiri Presiden Jokowi.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Umum Majelis  Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin kembali bertemu di Istana Merdeka, Jumat (31/3).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News