Gagas Unas Tanpa Pengawas

Gagas Unas Tanpa Pengawas
Gagas Unas Tanpa Pengawas
PATI - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus menawarkan formula baru menyongsong ujian nasional (unas) 2013. Setelah memastikan unas tahun depan terdiri atas 20 variasi soal di setiap ruang ujian, Kemendikbud kini menggulirkan gagasan unas tanpa pengawas ruang ujian.

Selama ini pengawasan unas lumayan ribet. Bahkan melibatkan aparat TNI dan Polri. Menurut Mendikbud Mohammad Nuh, pengawasan yang ribet itu dampak dari tudingan bahwa unas penuh kecurangan. Karena itu, Nuh meminta supaya kejujuran ditegakkan.

"Jika sudah jujur, silahkan menjalankan unas tanpa pengawas ruang ujian. Ngawasinya dari jauh saja," kata Nuh saat mengunjungi pembangunan SMK Cordova Margomulyo, di Kabupaten Pati, Sabtu (22/9).

Mantan rektor ITS itu mengatakan, Kemendikbud sekarang menantang seluruh bupati atau wali kota untuk mendeklarikan unas jujur dan siap tanpa pengawasan. "Kalau ada kepala daerah atau kepala sekolah ragu ikut deklarasi, jangan-jangan ada apa-apa. Wong diajak jujur kok ragu," urai dia.

PATI - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus menawarkan formula baru menyongsong ujian nasional (unas) 2013. Setelah memastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News