Gaikindo Optimistis Target Produksi Kendaraan Listrik Tercapai

Gaikindo Optimistis Target Produksi Kendaraan Listrik Tercapai
Satu dari banyak merek kendaraan listrik di Indonesia. Ilustrasi Foto: ridho

jpnn.com, JAKARTA - Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto optimistis target pemerintah dalam mendorong industri otomotif ke ranah elektrifikasi dengan memproduksi 1 juta kendaraan listrik di 2035 bisa tercapai.

"Kenapa tidak? Yang penting produknya ada dan harga terjangkau," ujar Jongkie Sugiarto di Jakarta pada Rabu malam (23/11).

Meski begitu, terdapat hal yang harus dipahami oleh para produsen otomotif di Indonesia.

Dengan tingkat pendapatan perkapita yang masih relatif rendah yakni USD 4.300 dolar per kepala membuat para produsen harus bisa membuat harga yang relatif terjangkau.

Tidak hanya itu saja, untuk bisa memakmurkan kendaraan listrik di pasar domestik para produsen otomotif juga diharapkan bisa memenuhi keinginan dan juga tren yang ada di Indonesia.

"Yang laris itu kendaraan dengan dimensi besar, lima pintu dan juga tujuh baris. Kalau ada yang bisa memproduksi itu dengan harga terjangkau sudah pasti laris," ucap dia.

Hingga saat ini, pasar otomotif di Indonesia memang banyak didominasi oleh kendaraan segmen Multi Purpose vehicle (MPV) yang memiliki kapasitas tujuh penumpang dengan lima pintu dan juga Low Cost Green Car (LCGC).

"Dari 960 ribu unit itu, 40 persen di tipe 4x2 MPV (400 ribu), 22 persen itu di segmen LCGC KBH 2."

Gaikindo optimistis target pemerintah mendorong industri otomotif ke ranah elektrifikasi dengan memproduksi 1 juta kendaraan listrik di 2035 bisa tercapai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News