Jumat, 21 September 2018 – 12:51 WIB

Galeri Foto Usaha Penyelamatan Mereka Yang Terjebak Dalam Gua di Thailand

Selasa, 10 Juli 2018 – 12:00 WIB
Galeri Foto Usaha Penyelamatan Mereka Yang Terjebak Dalam Gua di Thailand - JPNN.COM

Cerita mengenai usaha penyelamatan 12 remaja klub sepakbola Thailand dan pelatihnya yang terjebak di dalam sebuah gua telah menarik perhatian dunia dalam sepekan terakhir.

Mulai dari usaha petugas bantuan memompa air dari dalam gua sampai dengan keberhasilan mereka membawa keluar delapan anak sejauh ini, apa yang terjadi di utara Thailand ini menjadi pemberitaan media di mana-mana.

Dua belas remaja dan pelatihnya menulis surat pendek kepada keluarga mereka, salah satunya menulis agar orangnya tidak melupakan hari ulang tahunnya, dan yang lain mengatakan merindukan makan ayam goreng dan babi panggang.

Orang tua anak-anak tersebut kemudian juga menulis balasan untuk menyemangati mereka.

"Kami tidak marah dengan kamu. Jaga dirimu baik-baik dan jangan lupa menutupi dirimu dengan selimut. Cuaca dingin dan kami khawatir dengan kamu."

Dua usaha penyelamatan sudah dilakukan sejauh ini, dengan masing-masing berhasil membawa keluar empat orang remaja tersebut.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha telah mengunjungi lokasi kejadian, dan mengatakan bertekad agar insiden seperti ini tidak terjadi lagi di negerinya.

Usaha penyelamatan untuk mengeluarkan anak-anak tersebut sangat sulit.

Beberapa diantara mereka tidak bisa berenang, dan harus diajari teknik dasar penyelaman di tengah kondisi buruk yang sudah merenggut nyawa seorang mantan penyelam dari tim angkatan laut Thailand.

Tim penyelamat terdiri dari 13 penyelam asing dan lima penyelam dari tim elit SEAL Angkatan Laut Thailand.

Pihak berwenang mengatakan anak-anak mengenakan masker oksigen ketika dibawa keluar dari gua.

Doa bersama dan penyalaan lilin dilakukan di Thailand dan di berbagai tempat di Asia, di saat dunia menantikan kabar mengenai usaha menyelamatkan empat anak terakhir dan pelatih mereka.

 
SHARES
Komentar