Gandeng Polisi Lacak BBM Hoax soal Kabar Banjir dari Ahok

Gandeng Polisi Lacak BBM Hoax soal Kabar Banjir dari Ahok
Gandeng Polisi Lacak BBM Hoax soal Kabar Banjir dari Ahok

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Telekomunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring menyatakan bahwa pihaknya akan melacak pengirim pesan broadcast melalui BlackBerry Messenger (BBM) yang mengatasnamakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama. Pesan BBM itu berisi peringatan banjir akan menggenangi Jalan Sudirman, Thamrin dan Gatot Subroto karena pembukaan tanggul Kali Ciliwung.

Namun, Ahok -sapaan Basuki sudah membantah soal isi BBM itu. Terlebih, tidak ada tanggul di Kali Ciliwung.

Karenanya Tifatul pun menganggap pengirim BBM itu sudah mengarah fitnah. "Ya jelas penyebar fitnah itu bisa dikenakan hukuman. Itu jelas melanggar UU ITE, tapi saya belum baca BBM itu. Saya baca dulu," tutur Tifatul di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu malam, (15/1).

Menteri yang juga politikus PKS itu mengatakan, upaya seperti ini merupakan modus lama. Beberapa bencana nasional juga pernah dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan fitnah kepada pejabat tertentu.

Karenanya, kata Tifatul, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polri untuk melacak pengirim BBM hoax itu. "Nanti kita bisa bongkar dari RIMnya. Ini modelnya kan kayak waktu kejadian di Gunung Merapi dulu," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, pesan yang beredar di kalangan wartawan melalui broadcast BBM menyebut Ahok meminta maaf kepada warga Jakarta karena terpaksa membuka tanggul Ciliwung. Alasannya, tanggul Ciliwung karena tak kuat menampung debit air dari Bogor, Jawa Barat.

Berikut isi pesan yang beredar di kalangan wartawan yang tidak diketahui pengirim pertamanya itu: Pagi ini pemprov DKI Jakarta, sesuai instruksi bpk AHOK, meminta maaf kpd warga Jakarta, karena tanggul ciliwung pagi ini tgl 15 Januari 2013 pukul 9.30, terpaksa dibuka kembali, karena sudah tidak kuat menahan tekanan air yang datang dari arah bandung & bogor. Mohon warga jakarta untuk segera siaga 1. Air akan datang sekita 4 jam stlh tanggul dibuka. Ini dilakukan pemprov untk menanggulangi agar banjir tidak semakin ber-larut2. Warga jakarta yang berada daerah thamrin, sudirman, pengadegan, gatot subroto, dan daerah sekitarnya, mohon untk segera cari posko aman, mohon yang sudah terima pesan ini, langsung infokan ke saudara2 yang lain agar lebih siaga, terima kasih. (flo/jpnn)


JAKARTA - Menteri Telekomunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring menyatakan bahwa pihaknya akan melacak pengirim pesan broadcast melalui BlackBerry


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News